Posted by: yunisaputro | October 14, 2011

cerita pertama,

Hehehe,

Gmana y??? q seneng banget ^o^ ahihihi… hhhmm… mungkin q mang wanita paling bahagia ne…bahagia ma jalan hidup yang q punya tentunya, tau knapa??? Gini ne yang lagi q rasain,

Q rasa q ga terlalu jelek, ga terlalu gendut, ga juga terlalu cantik c sebenernya. Tapi alhamdulilah yach sesuatu banget (syahrini.com) q diberkahi otak kecil nan encer ne ma Tuhanq tersayang. Maturnuwun nggeh Gusti Allah..^o^ . Malah saking encernya mpe q ga bisa bedain ma bubur ayam yang sering q makan di burjo. Kali aja enak y ada buryam rasa karee otak…hahahahha.

Q ngrasa mujur slalu ada dech di kamus hidupq. Mmm…y dech kayanya emang bener, mujur tu mang slalu ada di jalan hidup yang semrawut bin modal madul yang q punya ini. Emang c hidup q belum ketata rapi kya orang lain yang dah duluan ngrapihin hidupnya bak ngrapihin isi lemarinya. Y..gmana y…sulit pitik c…butuh keseriusan dan tekad yang kuat. Q jelas pengin lah punya hidup yang rapi dan jelas jalannya. Orang klo liat orang-orang muda berbakat dan sukses q sering iri kok..berarti emang q ne masih normal kan???? Q iri ma mreka, q pengin..tapi ada ja setan yang sukses rayu-rayu q gitu…

Q sering ngulur waktu, nunda gawean, seneng main, dan paling ga suka lo musti spaneng ngejar target..

Hhhmm…tu x y bedanya q ma mreka yang dah duluan sukses. Tapi q yakin ko, q bisa juga kaya mreka, sukses dengan cara dan kemampuanq sendiri. Hohoho belum tau dia…^o^

Kemujuranq yang pertama, q lahir dari rahim emak yang cantik..(ga usah GR mak…ste kul ja). Emak yang bisa ngandung q karena jurus bapakq yang edan-edanan tu..hehhe pisss pak ^o^. mmm kalo bahasa sosiologisnya q tu lahir dari proses akulturasi bapak ma emak getoh..hahahay q mulai pinter,

Q juga punya mbah uti yang sayang banget ma q. Terbukti tiap lebaran cucu yang dikasi angpao y Cuma q…hahaha cucu emas ne gueh.. meskipun dah jelas banget ada 2 ade q, tyo ma pai… (map map y yo,i) mapin MBAKYU-mu YUNI IRIYANTI yang cantik ne, mbakyu yang sreing kalian panggil ma YAYUNE, YAYU YUNI…

Kemujuran ke-2, q bisa lanjutin sekolah q mpe kuliah di kampus yang katanya penuh jiwa karakter di Jogja. Awalnya ga mulus c, tapi alhamdulilah lagi y, mang sesuatu. Ada bapak angkatku yang kembar ma vokalis ST12 tu lo…(heheh damai pa..😛 ). Dia saying baget ma q, pduli banget ma keluarga q yang mang belum makmur di bidang ekonomi, tapi alhamdulilah, keluargaku selalu kecukupan. Nyatanya ja q, mama, tyo, pai, mbah bias makan tiap harinya. Masih jajan some pula. Keluargaq mirip banget tu ma keluarga cemara yang dulu jadi pelem keluarga unggulan tahun 90-an. Pada inget lagunya kan?? Selamat pagi emak…selamat pagi abah.. nah gitu-gitu lah lagunya…

Keluarga cemara kan jualan opak tuh, nah kalo keluargaq jualannya donat, galundeng, kripik pangsit, arem-arem, dadar gulung, risol, dan muasih banyak lagi. Kalo mau pesen bisa lo, kita kan trima orderan juga. Mmm jangan kwatir, tiap kali orderan, gratis senyuman manis emakq…c emak Tur..^o^ (y ga mak????) pokoknya keluargaq, keluarga bahagia lah, lengkap ma dinamika-dinamikanya…tut u dinamikanya baru krasa lo emak Tur lagi ngomel-ngomel ga punya duit rus marahin anak-anknya dah, termasuk q (raapan anak kandung).

Kemujuran yang ketiga, spa yag tahu?????? Mmmm…kasi tau ga y..???hayo apa hayo…??mmmm kas tahu ga y?? ^o^

Y gitu deh, q rasa mujur alias beruntung banget bisa dapetin pacar yang ganteng, baik, jiwa sosialnya tinggi, ulet, serius ma tanggung jawabnya, sayang gila ma q, cinta gokil ma q, y sekalipun ga jarang juga c dia bikin q kringetan, karena kekuras emosinya. Y…dia kadang bkin q jengkel kanan, jengkel kiri gitu…tapi intinya dia mang bener-bner saying ma q. q bisa rasain kaya pa sayangnya dia ma q. ih gila..dia tu sayang beud ma q…mpe mrinding ne bilangnya. Chemistry x y…^o^

Hehehe kalo diinget-inget c mang puanjang critanya mpe q bisa sampe ma dia. Hehhhe bagian tuh ga sah y…nti q jadi ga kliatan charming lg dunk, ^o^V piss..pokoknya q seneng banget bisa jadi pendampingnya. Amin

Dia yang selama ne q panggil ayah tu lo…ayah adung. Hm..namanya Agung Cahyo Saputro, tpi kdang q panggil ayah adung..hehehe kan kita masih muda…jiwa muda yang lagi kasmaran.hahahay gaya.com

Ayah adungq yang ganteng…^o^

Tengah bengi nang Kosan, 13 Okt 2011

Hehehe,

Gmana y??? q seneng banget ^o^ ahihihi… hhhmm… mungkin q mang wanita paling bahagia ne…bahagia ma jalan hidup yang q punya tentunya, tau knapa??? Gini ne yang lagi q rasain,

Q rasa q ga terlalu jelek, ga terlalu gendut, ga juga terlalu cantik c sebenernya. Tapi alhamdulilah yach sesuatu banget (syahrini.com) q diberkahi otak kecil nan encer ne ma Tuhanq tersayang. Maturnuwun nggeh Gusti Allah..^o^ . Malah saking encernya mpe q ga bisa bedain ma bubur ayam yang sering q makan di burjo. Kali aja enak y ada buryam rasa karee otak…hahahahha.

Q ngrasa mujur slalu ada dech di kamus hidupq. Mmm…y dech kayanya emang bener, mujur tu mang slalu ada di jalan hidup yang semrawut bin modal madul yang q punya ini. Emang c hidup q belum ketata rapi kya orang lain yang dah duluan ngrapihin hidupnya bak ngrapihin isi lemarinya. Y..gmana y…sulit pitik c…butuh keseriusan dan tekad yang kuat. Q jelas pengin lah punya hidup yang rapi dan jelas jalannya. Orang klo liat orang-orang muda berbakat dan sukses q sering iri kok..berarti emang q ne masih normal kan???? Q iri ma mreka, q pengin..tapi ada ja setan yang sukses rayu-rayu q gitu…

Q sering ngulur waktu, nunda gawean, seneng main, dan paling ga suka lo musti spaneng ngejar target..

Hhhmm…tu x y bedanya q ma mreka yang dah duluan sukses. Tapi q yakin ko, q bisa juga kaya mreka, sukses dengan cara dan kemampuanq sendiri. Hohoho belum tau dia…^o^

Kemujuranq yang pertama, q lahir dari rahim emak yang cantik..(ga usah GR mak…ste kul ja). Emak yang bisa ngandung q karena jurus bapakq yang edan-edanan tu..hehhe pisss pak ^o^. mmm kalo bahasa sosiologisnya q tu lahir dari proses akulturasi bapak ma emak getoh..hahahay q mulai pinter,

Q juga punya mbah uti yang sayang banget ma q. Terbukti tiap lebaran cucu yang dikasi angpao y Cuma q…hahaha cucu emas ne gueh.. meskipun dah jelas banget ada 2 ade q, tyo ma pai… (map map y yo,i) mapin MBAKYU-mu YUNI IRIYANTI yang cantik ne, mbakyu yang sreing kalian panggil ma YAYUNE, YAYU YUNI…

Kemujuran ke-2, q bisa lanjutin sekolah q mpe kuliah di kampus yang katanya penuh jiwa karakter di Jogja. Awalnya ga mulus c, tapi alhamdulilah lagi y, mang sesuatu. Ada bapak angkatku yang kembar ma vokalis ST12 tu lo…(heheh damai pa..😛 ). Dia saying baget ma q, pduli banget ma keluarga q yang mang belum makmur di bidang ekonomi, tapi alhamdulilah, keluargaku selalu kecukupan. Nyatanya ja q, mama, tyo, pai, mbah bias makan tiap harinya. Masih jajan some pula. Keluargaq mirip banget tu ma keluarga cemara yang dulu jadi pelem keluarga unggulan tahun 90-an. Pada inget lagunya kan?? Selamat pagi emak…selamat pagi abah.. nah gitu-gitu lah lagunya…

Keluarga cemara kan jualan opak tuh, nah kalo keluargaq jualannya donat, galundeng, kripik pangsit, arem-arem, dadar gulung, risol, dan muasih banyak lagi. Kalo mau pesen bisa lo, kita kan trima orderan juga. Mmm jangan kwatir, tiap kali orderan, gratis senyuman manis emakq…c emak Tur..^o^ (y ga mak????) pokoknya keluargaq, keluarga bahagia lah, lengkap ma dinamika-dinamikanya…tut u dinamikanya baru krasa lo emak Tur lagi ngomel-ngomel ga punya duit rus marahin anak-anknya dah, termasuk q (raapan anak kandung).

Kemujuran yang ketiga, spa yag tahu?????? Mmmm…kasi tau ga y..???hayo apa hayo…??mmmm kas tahu ga y?? ^o^

Y gitu deh, q rasa mujur alias beruntung banget bisa dapetin pacar yang ganteng, baik, jiwa sosialnya tinggi, ulet, serius ma tanggung jawabnya, sayang gila ma q, cinta gokil ma q, y sekalipun ga jarang juga c dia bikin q kringetan, karena kekuras emosinya. Y…dia kadang bkin q jengkel kanan, jengkel kiri gitu…tapi intinya dia mang bener-bner saying ma q. q bisa rasain kaya pa sayangnya dia ma q. ih gila..dia tu sayang beud ma q…mpe mrinding ne bilangnya. Chemistry x y…^o^

Hehehe kalo diinget-inget c mang puanjang critanya mpe q bisa sampe ma dia. Hehhhe bagian tuh ga sah y…nti q jadi ga kliatan charming lg dunk, ^o^V piss..pokoknya q seneng banget bisa jadi pendampingnya. Amin

Dia yang selama ne q panggil ayah tu lo…ayah adung. Hm..namanya Agung Cahyo Saputro, tpi kdang q panggil ayah adung..hehehe kan kita masih muda…jiwa muda yang lagi kasmaran.hahahay gaya.com

Ayah adungq yang ganteng…^o^

Tengah bengi nang Kosan, 13 Okt 2011

 

 

 

 

 

 

Posted by: yunisaputro | January 26, 2011

Dilematika Pemanasan Global

BUMI INI SEMAKIN PANAS………..!!!

Seperti lagu yang sempat dipopulerkan oleh penyanyi dangdut Veti Verra, kini nampaknya telah menjadi satu kenyataan hidup makhluk Tuhan. Ya, isu pemanasan global, atau yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai Global Warming, kini telah menjadi bahan perbincangan yang tidak ada habisnya. setiap sudut dunia seakan telah paham betul dengan konsep terjadinya pemanasan global ini.

Sebab A hingga sebab Z telah diungkapkan oleh berbagai pihak, sebagai penyebabnya. namun pada dasarnya, penentuan sebab utama dataupun sebab yang mendominasi terjadinya pemanasan global ini tidak bisa hanya berupa spekulasi semata.diperlukan kerjasama yang solid dan valid antara negara-negara dunia. kerjasama internasional ini dimaksudkan untuk meneliti hal apa yang sekiranya telah menambah percepatan pemanasan global.

dari berbagai isu yang beredar, efek rumah kaca-lah yang disebut-sebut sebagai faktor utama. maksudnya adalah ada satu konsep penyerapan radiasi gas-gas alam.  efek rumah kaca erat kaitannya dengan industri yang telah berkembang pesat. di satu pihak negar dituntut untuk mampu menyelenggarakan industri negaranya supaya tetap dapat bertahan dalam era persaingan ketat dunia. namun di pihak lain, industri juga merupakan pengymbang faktor percepatan pemanasan global. asap-asap industri yang keluar dari cerobong pabrik serta limbah-limbah lainnya dapat meningkatkan gas-gas berbahaya. karbondioksida yang berlebih disinyalir akan mengganggu keseimbangan atmosfer bumi. disinilah karbon dioksida tersebut menyerap begitu banyak sinar-sinar matahari, yang mana tidak semua sinar tersebut dapat dipantulkan. adapun sinar yang tidak dapat dipantulkan secara sempurna adala sinar infra merah. banyaknya radisi sinar infra merah dapat meningkatkan suhu bumi diatas suhu normalnya.

setelah mengetahui buah simalakama dari kasus ini, apa yang bisa kita perbuat??? akankah kita menekan pertumbuhan industri yang tidak dapat terlepas dari gas karbon dan polutannya???

ataukah kita hanya berdiam menunggu kehancuran bumi akibat lelehan es yang dipanggang oleh suhu bumi itu sendiri???

mulailah dari diri sendiri dan hal-hal keseharian. misalnya saja kita meminimalkan penggunaan tas plastik, spray parfume, mengolah limbah sehingga mengecilkan intensitas zat berbahaya yang dikandungnya, polutan kendaraan, dan sebagainya. Mari lakukan perubahan untuk perbaikan. bumi selama ini telah memberikan harta yang melimpah pada kehidupan kita. sekaranglah saatnya kita memberi kepada bumi. memberi dengan cara melestarikannya.

KALAU BUKAN KITA, SIAPA LAGI????

Posted by: yunisaputro | January 26, 2011

SISI SOSIOLOGIS TRANSPORTASI PUBLIK

Sejak dahulu manusia telah hidup berdampingan dengan alat transportasi. Mulai dari yang sederhana sampai dengan pada alat transportasi nan canggih. Awalnya manusia mengenal alat transportasi dengan tujuan untuk memudahkannya dalam menempuh jarak tujuan, mengingat belum sempurnanya akses jalan kala itu. Alat transportasi masa itu sangatlah sederhana. Masyarakat hanya menggunakan tenaga hewan, seperti kuda, onta, keledai, dan lain sebagainya. Dengan perkembangan peradabannya, manusia menemukan teknologi baru untuk yang pertama dalam dunia transportasi pada tahun 1790an. Sebuah sepeda sudah sangat dipandang istimewa oleh setiap sudut pola pikir masyarakat. Keberadaannya yang cukup mahal masa itu menyebabkan tidak semua orang mampu memilikinya. Hanya beberapa kaum bangsawan yang mampu memilikinya. Namun seiring dengan perkembangan jalan, sepeda elegan ini mampu dimiliki oleh setiap kalangan masyarakat. Terbukti hampir setiap perjalanannya, masyarakat menggunakan alat transportasi ini. sehingga orang-orang ini mampu mempercepat jarak tempuhnya.

Selain sepeda, dikenal pula alat transportasi sederhana lainnya seperti perahu bercadik, balon udara, dan lain-lain. Semua ini hanya menggunakan tenaga non mesin. Misalnya, perahu hanya digunakan menggunakan tenaga arus  air dan dayung. Balon udara menggunakan tenaga angin, dan api untuk balon udara tenaga uap api. Penggunaan alat transportasi ini tidak cukup dengan tenaga satu orang saja, melainkan banyak tenaga yang dibutuhkannya. Alhasil, secara tidak langsung akan meningkatkan intensitas interaksi manusia dalam bentuk kerjasama yang kompak demi mencapai satu tujuan, yaitu kelancaran transportasi.

Kemudian alat transportasi tersebut diikuti oleh kemunculan mesin bermotor. Artinya alat-alat transportasi  tersebut kini telah dikendalikan oleh tenaga mesin. Kemunculan tenaga mesin dimanfaatkan masyarakat untuk menciptakan kendaraan yang lebih canggih, sehingga semua kalangan masyarakat dapat menikmatinya. Perkembangannya menunjuk pada keberadaan alat transportasi umum yang telah manggunakan tenaga mesin. Kini masyarakat mampu menghemat waktu dan tenaganya dalam menempuh perjalanan. Kondisi lalu lintaspun semakin lancar. Mulai tak banyak lagi orang-orang yang menggunakan alat transportasi jadul itu.

Kelancaran lalu lintas tidak berlangsung lama sejak kemunculan secara besar-besaran kendaraan pribadi. Banayk industry yang memproduksi mobil, motor, dan lain sebagai demi menunjang kemudahan masyarakat dalam bertransportasi. Pada awalnya, untuk dapat memiliki kendaraan-kendaraan tersebut memang sangatlah sulit, dan mahal. Namun, seiring waktu, sekarang sangatlah mudah untuk mendapatkannya. Hanya dengan kartu identitas saja, seseorang telah dapat membawa pulang kendaraan mesin ini. Saking banyaknya kendaraan pribadi yang dapat menyediakan kenyamanan lebih dibandingkan dengan kendaraan umum ternyata berdampak buruk. Kemacetan menjadi musuh pertama dari kepadatan jumlah kendaraan pribadi. Kecelakaan lalu lintas mengikuti langkah kemacetan. Kemudahan-kemudahan yang tersedia sekarang, tak terkecuali yang berhubungan dengan surat ijin mengendari, disadari atau tidak, ternyata memiliki peluang sebagai factor penyebab kebrutalan dan kecelakaan lalu lintas. Orang-orang yang kurang paham akan lalu lintas,pada khususnya yang akan menjadi korban empuk.

Dari sudut sosiologi, keberadaan kendaraan umum dan pribadi dapat dikaji sebagai berikut:

A.  Kendaraan umum / public

1)      Memberikan peluang kepada penumpang untuk berinteraksi secara kontinyu

2)      Meningkatkan integrasi, karena merasa satu kepentingan dalam menggunakan kendaraan umum

3)      Terjadi kerjasama

4)      Dapat mengurangi kemacetan  dan polusi jika diatur dengan baik. (kelayakan operasi)

B.  Kendaraan pribadi

1)      Memberi pembatasan penumpang. Artinya hanya orang yang berkaitan yang dapat menggunakannya.

2)      Cenderung individual antara pengendara satu dan lainnya.

3)      Kurang terjadi kerjasama

4)      Manambah kemacetan

Meskipun demikian, setiap orang berhak untuk menentukan pilihannya. Tingkat kenyaman yang dijanjikan oleh kendaraan pribadi sering kali menjadi alas an utama orang menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini dapat terlihat jelas pada kenyataannya bahwa kendaraan public rawan sekali dengan tindak criminal. Hal ini terjadi mungkin karena factor X di luar sana yang kurang dapat dikoordinir. Sekarang pertanyaanya kembali kepada diri masing- masing individu, dengan tetap mempertimbangkan kebaikan dan keburukan yang akan mengikutinya.

naik angkot ato naik mobil sendiri ya??????????

By: Mba Yun,

Posted by: yunisaputro | January 18, 2011

Eksistensi Sosiologi Konflik

Sosiologi muncul sebagai sosok ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri dengan kajian tentang kehidupan manusia dalam masyarakat. Kemunculan ilmu sosiologi diperkirakan pada abad ke-19 di benua Eropa. Pemikiran terhadap masyarakat lambat laun mendapat bentuk sebagai suatu ilmu yang kemudian dinamakan sebagai sosiologi. Di Eropa, kelahiran sosioloi ditujukan untuk meningkatkan perhatian terhadap kesejahteraan masyarakat dan perubahan-perubahan yang terjadi di dalam masyarakat. Berbeda dengan Eropa, di Amerika Serikat, ilmu sosiologi dihubungkan dengan usaha-usaha untuk meningkatkan keadaan-keadaan sosial manusia dan sebagai suatu pendorong untuk menyelesaikan persoalan yang ditimbulkan dari penyakit-penyakit masyarakat.

Seorang Bapak sosiologi, Auguste Comte, berpendapat bahwa sosiologi merupakan filsafat tentang manusia dan filsafat pergaulan hidup. Konsep ini mencerminkan bahwa sosiologi merupakan pengetahuan yang menyoroti secara tajam tentang hubungan manusia, golongan, asal, ras dan kemajuannya serta bentuk kewajibannya. Pada abad ke-20 sosiologi mengalami perkembangan secara pesat. Hal ini karena masyarakat semakin terdesak oleh kebutuhan pengetahuan yang bertangunggjawab, manusiawi dan realistis dalam menjawab permasalahan hidup.

Berbincang tentang eksistensi sosiologi di kalangan masyarakat, tentunya dapat ditelusuri berbagai manfaat yang telah disumbangkan oleh sosiologi. Adapun manfaat dari sosiologi salah satunya merupakan sebagai ilmu yang mencoba menyikapi konflik-konflik  yang terjadi di kalangan masyarakat, terlepas dari nilai baik dan buruknya, melainkan usaha untuk menyoroti permasalahan dengan apa adanya.

Konflik merupakan unsur terpenting dalam kehidupan manusia, karena konflik sebenarnya memiliki beberapa fungsi positif. Menurut beberapa ahli, fungsi positif konflik tersebut meliputi:

a)    Konflik menjadi dinamika sejarah manusia (Karl Marx dan Ibnu Khaldun)

b)   Konflik menjadi entitas hubungan sosial (Max Weber dan Ralf Dahrendorf)

c)    Konflik adalah bagian dari proses pemenuhan kebutuhan dasar manusia (Maslow, John Burton dan Marshal Rosenberg)

Manusia merupakan homo conflictus, yaitu makhluk yang selalu terlibat dalam perbedaan, pertentangan dan persaingan baik sukarela ataupun terpaksa. Konflik yang dapat dikelola secara benar dan bijaksana, maka akan mendinamisasi proses sosial dan bersifat konstruktif bagi perubahan sosial masyarakat dan tidak menghadirkan kekerasan. Disinilah sosiologi berperan untuk menyikapi konflik-konflik yang terjadi. Adapun perspektif yang digunakan disebut dengan sosiologi konflik.

Sosiologi konflik memberikan analisis terhadap berbagai fenomena konflik dan kekerasan melalui tradisi ilmu sosiologi. Adanya sosiologi konflik diharapkan dapat memberikan pandangan analisis yang komprehensif mengenai dimensi konflik, sehingga bias diketahui skala, latar belakang dan arah perkembangan konflik. Kemudian hasil analisis tersebut dapat dimanfaatkan untuk member kejelasan bentuk penanganan seperti tata kelola konflik, pendidikan perdamaian, dan pembangunan perdamaian.

Contoh analisis kasus

Sosiologi digunakan untuk menyikapi konflik Ambon-Maluku yang disertai kekerasan pada tahun 1999-2002. Konflik ini dipicu oleh konflik interpersonal yang meluas menjadi konflik etnis dan religious. Konflik besar ini menghancurkan tatanan social, ekonomi dan politik Ambon- Maluku. Pada analisis kasus ini digunakan pendekatan konstruksi social yang berfokus pada analisis konteks, sumber dan pemetaan pihak berkonflik.

Sumber:

Susun, Novri.2009. Sosiologi Konflik dan Isu-isu Konflik Kontemporer. Jakarta: Kencana.

Abdulsyani.2002. Sosiologi Skematika, teori dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.

Posted by: yunisaputro | January 10, 2011

terjagalah bersamaku…

Dalam malam dan kesunyian

Sendiri menatap bintang tak berwarna

Langit malampun membentang

Sendiri meratapi yang t’lah terjadi

 

Dirimu pancarkan cahaya, hangatkan kebekuan

Berikanku harapan

Tetaplah terjaga bersamaku mengarungi malam ini

Bercanda dan bernyanyi

 

Kau benahi ruang hati, hangatkan nafasku ini

Nyanyikan nada sendu dilamunanku

Jangan pernah tinggalkanku

Tetaplah bersama aku

Tanpamu kuragu, karna engkaulah bintangku…

 

Engkaulah bintangku…

Bintang di hidupku,

Posted by: yunisaputro | January 6, 2011

wewenang menurut Max Weber

Max Weber mengemukakan beberapa bentuk wewenang   dalam hubungan manusia yang juga menyangkut hubungan dengan kekuasaan. Menurut Weber, wewenang adalah kemampuan untuk mencapai tujuan – tujuan tertentu yang diterima secara formal oleh anggota – anggota masyarakat.  Sedangkan kekuasaan dikonsepsikan sebagai suatu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mempengaruhi orang lain tanpa menghubungkannya dengan  penerimaan sosialnya yang formal. Dengan kata lain, kekuasaan adalah kemampuan untuk mempengaruhi atau menentukan sikap orang lain sesuai dengan keinginan si pemilik kekuasaan.

Weber membagi wewenang ke dalam tiga tipe berikut.

1.      Ratonal-legal authority, yakni bentuk wewenang yang berkembang dalam kehidupan masyarakat modern. Wewenang ini dibangun atas legitimasi (keabsahan) yang menurut pihak yang berkuasa merupakan haknya. Wewenang ini dimiliki oleh organisasi – organisasi, terutama yang bersifat politis.

2.      Traditional authority, yakni jenis wewenang yang berkembang dalam kehidupan tradisional. Wewenang ini diambil keabsahannya berdasar atas tradisi yang dianggap suci. Jenis wewenang ini dapat dibagi dalam dua tipe, yakni  patriarkhalisme dan patrimonialisme. Patriarkhalisme adalah suatu jenis wewenang di mana kekuasaan didasarkan atas senioritas. Mereka yang lebih tua atau senior dianggap secara tradisional memiliki kedudukan yang lebih tinggi. Berbeda dengan patriarkhalisme, patrimonialisme adalah jenis wewenang yang mengharuskan seorang pemimpin bekerjasama dengan kerabat – kerabatnya atau dengan orang – orang terdekat yang mempunyai loyalitas pribadi terhadapnya.

Dalam  patriarkhalisme dan patrimonialisme ini, ikatan – ikatan tradisional memegang peranan utama. Pemegang kekuasaan adalah mereka yang dianggap mengetahui tradisi yang disucikan. Penunjukkan wewenang lebih didasarkan pada hubungan – hubungan yang bersifat personal/pribadi serta pada kesetiaan pribadi seseorang kepada sang pemimpin yang terdahulu.

Ciri khas dari kedua jenis wewenang ini adalah adanya sistem norma yang diangap keramat yang tidak dapat diganggu gugat. Pelanggaran terhadapnya akan menyebabkan bencana baik yang bersifat gaib maupun religious.

Contoh patriarkhalisme misalnya wewenang ayah, suami anggota tertua dalam rumah tangga, anak tertua terhadap anggota yang lebih muda, kekuasaan pangeran atas pegawai rumah atau istananya, kekuasaan bangsawan atas orang yang ditaklukannya.

3.      Charismatic authority, yakni wewenang yang dimiliki seseorang karena kualitas yang luar biasa dari dirinya. Dalam hal ini, kharismatik harus dipahami sebagai kualitas yang luar biasa, tanpa memperhitungkan apakah kualitas itu sungguh – sungguh ataukah hanya berdasarkan dugaan orang belaka. Dengan demikian, wewenang kharismatik adalah penguasaan atas diri orang – orang, baik secara predominan eksternal maupun secara predominan internal, di mana pihak yang ditaklukkan menjadi tunduk dan patuh karena kepercayaan pada kualitas luar biasa yang dimiliki orang tersebut.

Wewenang kharismatik dapat dimiliki oleh para dukun, para rasul, pemimpin suku,  pemimpin partai, dan sebagainya.

sumber :

Ritzer,George dan Douglas J. Goodman.2008.Teori Sosiologi Klasik . Yogyakarta:Kreasi Wacana.

Posted by: yunisaputro | January 4, 2011

Bencana Merapi dan Mitos yang Meletus Di Dalamnya

November kelam Yogyakarta masih menyelimuti benak dan pikiran kita. Ya, bulan November 2010, Daerah Istimewa Yogyakarta luluh lantak akibat amukan wedus gembel. Gunung merapi terdahsyat di Asia mulai mengepulkan asap dapurnya.Dalam hitungan hari, status gunung merapi terus meningkat, dari satatus siaga, wapada dan meningkat drastis ke status awas. Jauh hari semenjak ditetapkannya status merapi oleh badan pusat vulkanologi, pemerintah Yogyakarta telah menghimbau warga masyarakat sekitar lereng gunung merapi untuk segera mengungsi, hal ini dilakukan mengingat bahaya meletusny merapi di beberapa tahun silam sangat banyak menelan korban. Meskipun telah banyak himbauan dari pemerintah setempa, warga lereng merapi tetap enggan meninggalkan tanah kelahirannya.

Kenyamanan serta ketentraman menjadi alasan utama di samping alasan menjaga harta benda yang dimiliki ataupun tidak punyanya sanak saudara di luar daerah. Keasrian Yogyakarta masih sangat kental dirasakan oleh warganya, khususnya mereka yang berada di sekitar gunung merapi. Mbah Maridjan misalnya, beliau tetap enggan meninggalkan kampong halamannya yang sudah bertahun-tahun membersamai perilaku merapi. Menurutnya, aktivitas merapi saat ini merupakan aktivitas yang mencerminkan proses keseimbangan alam. Sehingga, merapi akan tetap aman-aman saja. Baginya, “hidup matiku untukmu merapi”, mengutakan pendirian Mbah Maridjan untuk tetap menghuni rumahnya, meskipun telah dibujuk oleh sang istri maupun warga sekitar.

Sekarang, merapi benar-benar membuktikan keganasannya. Melalui semburan wedus gembelnya, dengan cepat menembus pekat malam dan dengan seketika memangsa siapapun yang berada di depannya.  Semua orang yang mungkin saja sedang mencoba untuk menikmati sejenak istirahatnya, tersentak lari sejauh mungkin untuk menyelamatkan harta, benda , dan nyawa mereka. Keselamatan diri dan sanak saudara merupakan hal yang terpenting. Keheningan, kenyamanan, dan kehangatan kota Yogyakarta hilang seketika oleh amukan awan panas. Kedukaan mendalam melanda jiwa warga masyarakat Yogyakarta, Indonesia dan bahkan masyarakat dunia. Namun demikian, warga masyarakat Yogyakarta percaya bahwa bencana ini bukanlah sekedar bencana yang ditimbulkan aibat adanya ketidakseimbangan dari alam, melainkan merupakan teguran dari sang kuasa. Kemudian lebih dari itu, masyarakat Yogyakarta yang masih kental dengan keperyaan tradisinya, menyebutkan bahwa letusan merapi merupakan peringatan dari sang penunggu merapi, yakni Ki Petruk.

Keyakinan ini mencermikan akan kesederahaan masyarakat yang masih mempercayai adanya mitos-mitos ataupun asumsi ‘sing mbalelo’ pada setiap tempat dan benda. Mulyono dalam bukunya Simbolisme dan Mistikisme Dalam Wayang (1983:28) menyatakan bahwa mitos merupakan cerita-cerita kuno yang dituturkan dengan bahasa indah dan isinya dianggap bertuah, berguna bagi kehidupan lahir dan batin serta dipercayai dan dijunjung tinggi oleh pendukungnya dari generasi satu ke generasi berikutnya. Biasanya mitos menceritaan perihal kejadian bumi, langit, nenek moyang, keagamaan, dan lain sebagainya.  Lebih lanjut Prof. Dr. C.A. van Peursen menyatakan bahwa mitos tidak hanya sekedar laporan dari peristiwa yang pernah terjadi, tetapi juga mengenai upacara-upacara tentang dunia gib, dewa bahkan mitos memberikan arah pada kelakuan manusia dan merupakan suatu pedoman untuk kebijaksanaan manusia. Read More…

Posted by: yunisaputro | December 2, 2010

Waduk Sempor

Waduk Sempor terletak di kawasan kecawaduk sempormatan Sempor, Kabupaten Kebumen. Waduk ini digunakan sebagai PDAM oleh masyarakat setempat, dengan menyertakan pemanfaatan lainnya seperti wahana rekreasi, pemancingan, penyebrangan, irigasi, dan lain sebagainya. selain itu, di kawasan ini, terdapat pula bumi perkemahan yang sering sekali digunakan oleh instansi setempat atau pendatang. hampir setiap hari lokasi waduk ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Dengan tarif masuk yang sangat murah, tunggu apa lagi??????

segera kunjungi Waduk Sempor Indah…

kepuasan terjamin,

Posted by: yunisaputro | November 18, 2010

Indonesia meng-anak emas-kan Obama???

Melihat sikap pemerintah dalam penyambutan tamu negara ternyata mengandung unsur stratifikasi sosial. Artinya, dalam melakukan sambutan terhadap tamu kenegaraan terdapat perbedaan yang sangat mencolok. Ini bisa kita amati pasca kehadiran orang no satu di Amerika, Obama, dan kepala negara Austria.
Penyambutan Barack Obama terlihat begitu semarak dan mewah.di sana sini terlihat menejemen pemerintahan yang maksimal,baik dari segi pelayanan yang umum ataupun pelayanan yang bersifat mendetail. perlengkapan kunjungan kenegaraan dipersiapkan secara matang, sehingga semua agenda Obama di Indonesia berjalan dengan sangat lancar, meskipun kedatangannya sempat ditunda beberapa kali. Sarana kuliah umum Obama, sarana tempat tinggal, sarana sambutan, dan bahkan menu Obama bersama Michelle begitu matang persiapannya. pemerintah sangat memperhatikan kenyamanan dan keamanan Obama beserta istri. Unduh Read More…

Posted by: yunisaputro | November 18, 2010

Hello world!

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!

Categories